Langsung ke konten utama

Tips Bloging Bagi Pemula

TipsMemulai Blogging Untuk Pemula
http://crystalliardo.blogspot.com
Tips Blog

Buat sebagian orang blogging itu hanya sebuah hobi, dan sebagian lagi merupakan sebuah pekerjaan. Untuk menjadi seorang blogger sebenarnya tidak susah, yang penting punya ide buat bisa dituangkan menjadi sebuah karya tulis.
Dari ngeblog banyak keuntungan yang bisa didapat, antaranya punya banyak teman, menambah pengetahuan dan yang paling penting bisa menghasilkan uang juga.

Sebelum memulai blogging tentu harus punya blog, kalau belum punya ya buat dulu. Banyak platform blog gratis yang bisa dipakai, misal Blogger, Wordpress, Tumblr, TypePad dan masih banyak lagi.

Kalau buat blog usahakan namain blognya yang unik, menarik dan tidak terlalu panjang. Misal pake nama sendiri  atau nama yang ada kaitannya dengan topik blog yang akan dibuat.
Udah buat blog sekarang lanjut ke tips-tipsnya.


1. Tujuan Dan Topik




Tentukan apa tujuan blogging misal cuma buat fun, hobi, cari duit atau yang lainnya. Ini penting karena biar kedepannya bisa jadi seorang blogger yang jelas dan fokus, tidak berubah-ubah haluan dan ngikut-ngikutin orang lain. Kalau cuma ngikutin orang lain tidak bakal sukses, karena setiap blogger punya kelebihan sendiri-sendiri.

Tujuan udah jelas sekarang tentukan topik blog. Sebaiknya topik blog sesuai dengan hobi atau hal-hal yang di sukai. Alasannya sederhana, karena bakal lebih mudah dapat ide buat nulis postingan. Buat blogger ide menarik itu yang paling susah dicari. Selain itu kalau buat blog yang ada hubungannya sama hal-hal yang disukai, itu bakal terasa lebih enjoy dan semangat ngelola blognya.


2. Menulis Postingan


Udah punya blog dengan tujuan dan topik yang jelas, sekarang saatnya memulai menulis postingan. Sebelum mulai nulis, pasti pengen kelak postingan yang dibuat bakal dibaca banyak orang. Untuk itu perlu cari tau apa yang disukai dan menarik perhatian orang. Cara sederhana aja search di Google, ide menarik yang bakal ditulis. Dari situ bakal tau berapa jumlah blog yang udah buat postingan tentang ide tersebut.

Manfaatin Google Keyword juga buat nyari tau jumlah orang yang mencari dan tingkat persaingan kata kunci. Ini penting karena sebagai pemula gak bakal bisa langsung ngalahin blogger-blogger senior dan nembus halaman depan Google semua butuh waktu. Jadi awali dari yang tingkat wajar dulu.

Buat postingan yang semenarik mungkin, usahakan pake gambar kalau buat postingan karena " sebuah gambar lebih bermakna dari pada ribuan kata-kata ", memberi manfaat buat yang baca, bahasanya mudah dimengerti ( tulis sesuai gaya sendiri jangan ikut-ikutan orang ), jangan terlalu mikirin SEO, sering-sering update postingan biar blog di indexnya cepet sama Google juga bikin Alexa rank semakin bagus dan menulislah dengan tulus pasti hasilnya bakal maknyus...hehe


3. Mencari Sesuatu ( Inspirasi )


Nyari sesuatu apaan ? gini gan maksudnya mencari sesuatu itu sering-sering berkunjung ke blog orang laen istilah kerennya Blogwalking terutama blog-blog yang top, keren dan jumlah pengunjungnya banyak. Tujuannya buat mencari sesuatu yang berguna untuk kemajuan blog. Pertama amati gimana cara yang punya blog itu menyampaikan isi postingannya, terus desain blognya dan hal-hal menarik lainnya, yang kirannya nanti bisa jadi inspirasi dan diterapkan di blog.

Beda kalau udah senior gak perlu ngelakuin hal beginian sering-sering, karena orang laen yang bakal blogwalking ke blog. Coba aja cek mana ada blogger senior blogwalking kesana kemari terus ninggalin komen di blog orang laen. Bukannya mereka sombong tapi mereka udah punya pendirian dan fokus ke blognya sendiri.

Saat berkunjung ke blog orang laen kalau ngerasa dapet inspirasi, ada baiknya ninggalin komen. Buat komentar yang biasa aja gak pake ninggalin link-link segala, belajar jadi blogger yang punya tata krama biar dihargai sama temen-temen blogger yang laen. Boleh aja ninggalin link tapi jangan sering-sering dan jangan pake link hidup.


4. Target ( Rangking & Pengunjung )


Dalam membuat dan melakukan sesuatu tentu kalau punya target tinggi itu bagus. Disini sebagai seorang blogger pemula, saran jangan pasang target yang terlalu tinggi. Misal blog harus ada di urutan no 1 Google dan bisa ngalahin blognya si A, si B dll. Ini motivasi yang bagus sebenernya tapi juga harus sadar dan realistis. terlalu tinggi ntar jatuh sakit..

Gak usah mikirin posisi di pencarian, tetep fokus buat postingan yang menarik dan kedepannya bakal di baca banyak orang. Dengan begini tanpa disadari apa yang menjadi harapan bakal tercapai dengan mudah. Jangan sering-sering ngecek posisi postingan di pencarian, karena kalau posisinya jelek bakal bikin semangat drop, biarin aja om Google bekerja membawa postingan ke posisi teratas dengan syarat isi postingan unik dan menarik.

Jangan juga terlalu mikirin jumlah pengunjung ke blog. Hal yang sangat wajar kalau blog baru jumlah pengunjungnya sedikit. Jadi gak usah dibawa stres kalau blog sepi, tetep semangat buat sesuatu yang menarik dan yakin sama apa yang dibuat. Dengan begitu tanpa disadari kedepannya pengunjung blog bakal meningkat dan semakin ramai.


5. Sosialisasi ( Promosi )


Ini salah satu hal yang paling penting buat ningkatin jumlah pengunjung dan popularitas blog. Mensosialisasikan blog melalui media sosial ke temen-temen atau orang-orang yang dikenal. Jangan pernah merasa malu mempromosikan blog, PD aja sama hasil karya. Karena ini salah satu cara yang ampuh buat menarik perhatian pengunjung terutama buat blog pemula.

Beda kalau udah senior, gak perlu promosi pasti blog bakal banyak yang ngunjungin. Karena blog yang udah lama dan bagus udah punya pengunjung setia dan tetap. Juga para blogger senior punya trik masing-masing buat ningkatin jumlah pengunjungnya. Jadi buat pemula harus terus mempromosikan blog baru yang udah dibuat.

Tapi ada metode-metode promosi yang harus diusahain untuk dihindari. Di antaranya submit postingan ke sosial bookmark, blog direktori dan artikel direktori. Alasannya karena banyak sosbook, blog direktori, maupun artikel direktori yang kualitasnya buruk. Jangan awali blog baru dengan hal-hal yang tidak berkualitas. Mending join di forum buat nyari temen dan secara bertahap  bisa mempromosikan blog, tapi jangan mengumbar link terutama link hidup.


6. Desain & SEO


Biasanya blogger pemula suka ngutak-atik desain blognya, bahkan lebih fokus ngurusin desain dari pada buat postingan, Jadi usahain jangan terlalu mikirin desain blog, karena seiring dengan waktu bakal bisa bikin tampilan blog yang keren dan profesional.

SEO itu memang salah satu elemen penting biar blog yang dibuat bisa ada di halaman depan Google. Dimana-mana semua orang ngomongin SEO buat ningkatin rangking blog kita di mesin pencari. Tapi sebagai pemula ada baiknya jangan terlalu mikirin yang namanya SEO karena ini bisa bikin bingung. Jadi setiap mau buat postingan kebayang-bayang yang namanya SEO, Ini bisa bikin hasil postingan tidak maksimal karena terlalu mikirin SEO, ngerasa serba salah dan terjebak dengan yang namanya SEO.

Tujuan utama kita nulis postingan untuk pengunjung bukan mesin pencari. Si mbh Google pun nyaranin kita buat ngelakuin hal ini. Untuk urusan SEO buat pemula sebaiknya lakuin hal-hal dasar aja misal memasang meta tag kalau pake Blogger, terus penempatan kata kunci di judul postingan dan submit blog ke Google Webmaster Tool sama tambahin Google Analystic di blog ( tutorialnya cari di Google ). Seiring waktu bakal lebih mengerti dan memahami gimana SEO.


7. Belajar


Ini tips terakhir yaitu belajar. Kalau kita pengen pinter ya harus belajar. Jangan pernah takut buat belajar tentang hal-hal yang berkaitan dengan dunia blogging. Awali buat belajar hal-hal dasar tentang kode HTML, karena kode HTML merupakan elemen dasar sebuah blog terutama di Blogger. Jadi kedepannya bakal lebih mudah buat ngedit-ngedit blog.

Pelajari juga hal-hal dasar tentang SEO lalu secara bertahap coba praktekan. Karena SEO itu harus dipraktekan buat ngetahui berhasil apa tidak.

Selain belajar kedua hal di atas juga harus belajar dari blogger lain. Jangan pernah malu buat bertanya, kalau emang gak enak nanya lewat kotak komentar bisa lewat email yang punya blog. Semakin banyak belajar semakin bertambah kemampuan yang dimiliki.

Itulah tips-tips yang bisa dipertimbangkan buat modal blogging untuk pemula. Sebelum kita tutup, ada beberapa tips sederhana tentang hal-hal yang harus dihindari dalam blogging untuk pemula, berikut tipsnya:

·  Hindari menggunakan widget yang berlebihan, selain bikin berat blog juga bikin tampilan blog gak karuan.
·  Memoneytize blog, jangan terlalu banyak pasang banner iklan kalau bisa gak perlu pasang iklan dulu. Biarin blog umurnya agak lama dan pengunjungnya mulai rame baru pasang iklan. Sederhana aja, blog yang baru tentu gak punya nilai jual yang tinggi kalau di banding blog yg umurnya udah lama. Kalau mau dapet duit dari iklan harus sabar.
·  Jangan menonaktifkan fitur komentar, karena sebagai blogger harus deket sama pengunjung blog. Tanpa mereka blog yang dibuat gak akan ada artinya.
·  Tukeran link sama blog yang gak relevan, biasanya pemula seneng banget tukeran link dan ngerasa bangga kalau punya banyak link dari blog laen ya kan? Hati-hati ini melanggar aturan dari Google, kedepannya pasti bakal ngerti.
Sourch: seociyus.blogspot.com/


Komentar

Postingan populer dari blog ini

AIR KEABADIAN

MENELUSURI AIR ABADI Kali ini kita akan mencari tahu kebenaran tentang air abadi..ada berbagai fersi cerita atau dongeng yang bisa kita rangkum Bisa saja ini hanya sebuah cerita atau kiasan dan air abadi bukanlah kenyataan seperti air yang kita bayangkan.. Tapi bagaimana jika air itu benar- benar ada... Bukan sekedar kiasan atau dongeng.. Tapi benar-benar air yang memberikan umur panjang. Kita awali dari kisah raja Zulkarnain dan Nabi Khaidir. Saya merangkum semua kisah panjang dari berbagai fersi yang beredar dan mengambil yang penting saja sebagai informasi. Dikisahkan pada zaman Raja Iskandar  Zulkarnaen seorang  raja penguasa wilayah barat dan timur. Pada tahun 322 SM Raja Iskandar Zulkarnain mengadakan perjalanan untuk mengelilingi bumi ditemani oleh Malikat Rofi’il. Malaikat Rofi’il memberitahu kepada Raja Iskandar Zulkarnain bahwa sesungguhnya Allah telah menciptakan sumber mata air yang suci, jika seseorang meminum air dari mata air itu maka ia akan kekal hingga akhir za

Bloger Hacker

Apakah  Blogger.com  Aman? Kita akan membahas beberapa tips tentang keamanan dan perlindungan didunia Internet. Ini termasuk tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah atau meminimalkan kemungkinan blog yang mempunyai Virus Blogger atau Situs yang di hack,juga membahas mengenai blog yang memakai blogspot sebagai domainnya, apakah berhasil dijebol/ tersebar virus juga.Untuk mengingat kembali, pernah ada sebuah artikel di BBC memberitakan karya sekelompok hacker yang telah menyerang. Mereka menggunakan: ·          Pesan spam yang diposting di situs palsu atau dikirim melalui email untuk mengelabui pengguna dan men-download program jahat/merusak. ·          Link terkadang dapat menjadi Link palsu yang beratas namakan link Youtube atau kartu ucapan digital link. ·          Email yang berisi pelajaran informal internet dimana penerima berpikir bahwa surat berasal dari teman-teman mereka. Dalam sebuah respon resmi, Eric dari tim Blogger telah mengkonfirmasi bahwa Blogger t

Anak Kedua Lebih Sulit Di Atur.. Kenapa..??

A nak Kedua Lebih Sulit Diatur Dibandingkan Anak Pertama.. Punya dua anak  atau lebih memang susah susah gampang. Selain repot mengurus si kakak ataupun si adik, karakteristik kakak dan adik yang berbeda juga membuat Ibu jadi bingung.  ...........🙄 Ternyata, ada sebuah riset menunjukkan perbedaan sifat anak kedua yang perlu Ibu ketahui. Menurut riset ini, anak kedua digambarkan jadi sosok yang lebih susah diatur.     (yg merasa anak ke 2 😜😜) Apakah hal ini benar terjadi? Sebuah laporan yang dibuat oleh Joseph Doyle, seorang ekonom MIT menunjukkan anak kedua terutama anak laki-laki cenderung lebih sering memberontak dibanding sang kakak.  Hasil riset ini dikumpulkan dari dari ribuan saudara di Amerika dan Eropa . Menurut riset ini, salah satu alasan mengapa kondisi ini bisa terjadi adalah pola asuh. Menurut Joseph Doyle, pola asuh pada anak pertama yang lebih diperhatikan misalnya membuat sang adik harus memperebutkan perhatian.